Selayang Pandang

Selayang Pandang (sebuah layang2 menghalangi Pandangan) Sekapur Sirih (Sebuah kapur yang dikunyah dengan sirih)

Apa saja. Blog ini akan bercerita tentang pengalaman-pengalaman saya (masum tidak mesum) apa saja selama saya hendak menulisnya. Mohon maaf apabila tertulis kesamaan nama pada cerita yang nanti akan muncul. Kesamaan nama hanya secara kebetulan saja. Supaya agan-agan tidak merasa rugi berkunjung pada blog saya, saya do'akan yang pernah baca konten blog ini masuk surga... amin.. Bersama saya tentunya amin..

Selasa, 17 April 2012

“UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS GURU”


PENGUPAYAAN PEMERINTAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS GURU
DI INDONESIA
Di Susun Oleh :
Sinung Setyo Tri Pamungkas
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU DAN SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS SARJANAWIYATA TAMANSISWA YOGYAKARTA
YOGYAKARTA
2011


Kata pengantar

Puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Esa yang telah memberikan Rahmat dan Hidayahnya sehingga makalah ini dapat di selesaikan tanpa ada halangan. Makalah ini di susun berdasarkan kebutuhan bahan ajar pada program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Dalam makalah ini tersaji tentang upaya meningkatkan kualitas guru di indonesia.
Makalah ini di harapkan dapat mempermudah dalam mempelajari materi kuliah dasar dasar pendidikan dan pada akhirnya di harapakan perolehan hasil belajar mereka. setiap saran, kritik, dan komentar penulis sangat mengharapkan untuk meningkatkan kwalitas makalah ini.
Yogyakarta, 5 januari 2011

PENDAHULUAN

Guru adalah seorang pengajar yang wajib ditiru dan dihormati oleh setiap peserta didik. Dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru sangat penting peranannya dalam penyelenggaraan tersebut, pasalnya semua materi pengajaran yang ada di setiap sekolah semuanya disampaikan olah guru. Dan agar suatu setiap penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancar maka dibutuhkanlah guru yang berkualitas.
Memang kualitas guru yang baik dan cemerlang akan membawa dampak yang baik pula pada kualitas pendidikan di indonesia. Dan dalam hal ini pemerintah memang harus mengupayakan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan demi meningkatkan kualitas guru agar lebih baik.
Pada saat ini memang kualitas guru agaknya menurun. Ini di karenakan pemerintah yang kurang peduli akan nasib para guru, disamping itu gaji yang rendah, juga masalah atau kesibukan pribadi yang selalu mendera nasib para guru. Sehingga ini akan berdampak pula pada penurunan kualitas pendidikan di indonesia.



RUMUSAN MASALAH

A. Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan penurunan kualitas guru.
B. Kendala apa saja yang dihadapi pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru.
C. Peran pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas guru.
D. Usaha yang harus dilakukan pemerintah demi meningkatkan kualitas guru.

PEMBAHASAN

A. Faktor-faktor apa yang menyebabkan penurunan kualitas guru.
Penurunan kualitas guru memang disebabkan oleh sejumlah faktor-faktor, dan memang faktor-faktor tersebutlah yang mengakibatkan pada penurunan kualitas dan kinerja guru. Dalam masalah ini faktor-faktor yang menyebabkan pada penurunan kualitas guru yaitu :
- Kurang pedulinya pemerintah akan nasib para guru.
Kurang pedulinya pemerintah akan nasib guru memang sangat mempengaruhi kualitas dan kinerja guru. Ini di karenakan bilamana pemerintah tidak peduli akan nasib kehidupan para guru, maka kondisi ekonomi para gurupun juga akan tidak stabil. Dan ini juga akan berdampak pada kualitas guru itu sendiri.
- Banyaknya guru yang kurang mengenal tentang teknologi
Banyaknya guru yang kurang mengenal teknologi, ini memungkinkan para guru untuk sulit berpikir lebih maju, pasalnya teknologi ini sangat penting dalam menunjang karir seorang guru.
- Gaji yang rendah
Gaji yang rendah, ini nampaknya juga akan menghambat peningkatan kualitas pada guru, karena penghasilan atau gaji yang rendah, itu akan mempengaruhi dan mengganggu konsentrasi para guru saat mengajar.
- Banyaknya masalah pribadi yang mendera para guru.
Banyaknya masalah pribadi yang mendera para guru, ini berakibat guru akan cenderung lebih fokus dalam memikirkan masalah pribadi tersebut, sehingga ini akan mengakibatkan penghambatan pada proses kelancaran kegiatan belajar mengajar di sekolah.

B. Kendala pemerintah dalam meningkatkan kualitas guru.
Dalam proses pengupayaan meningkatkan kualitas guru. Belum tentu pengupayaan tersebut akan terus berjalan lancar. Dalam hal ini pemerintah pasti akan menjumpai sejumlah kendala yang dapat menghambat dari proses peningkatan kualitas guru, salah satunya yaitu soal dana. Memang dalam upaya meningkatkan kualitas guru dibutuhkan dana yang tidak sedikit. Ini dikarenakan banyaknya jumlah guru yang tersebar di indonesia, maka dari itu pamerintah harus cermat dan tepat dalam urusan penggunaan dana ini. Agar pengupayaan peningkatan kualitas guru dapat berjalan dengan lancar.

C. Peran pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas guru.
Peran pemerintah dalam upaya meningkatkan kualitas guru amat penting, pasalnya pemerintahlah yang paling bertanggung jawab atas nasib para guru. Jadi apabila pemerintah lengah atau gagal dalam mengurus nasib para guru, maka ini juga akan berdampak tidak baik pada kualitas dan kinerja guru.

D. Usaha yang harus dilakukan pemerintah demi maningkatkan kualitas guru.
Dari kenyataannya pada saat ini kondisi pendidikan kita payah maka kualitas guru tentunya tidak akan jauh berbeda. Kondisi pendidikan akan sama payahnya jika kita bicara tentang kualifikasi guru-guru yang ada saat ini. Padahal kita sepakat bahwa hanya dengan memiliki guru-guru yang berkualitaslah kita baru akan bisa memperbaiki kualitas pendidikan kita secara mendasar dan menyeluruh.
Lantas bagaimana usaha pemerintah dalam usahanya untuk meningkatkan kualitas para guru. sebagai suatu terobosan untuk memperbaikinya meskipun harus kita akui bahwa usaha untuk meningkatkan penghasilan mereka adalah suatu usaha yang juga sangat mendasar. Secara mendasar dapat kita katakan bahwa dengan meningkatnya penghasilan mereka maka mereka akan bisa lebih berkonsentrasi pada tugas-tugas mengajar mereka. Disamping itu pemerintah juga harus memperbaiki sistem kinerja guru yang buruk agar lebih profesional. Dan dengan usaha - usaha seperti itu maka kualitas guru dapat meningkat.
PENUTUP

KESIMPULAN
Kesimpulan dari makalah ini adalah bahwa dalam mengupayakan peningkatan kualitas guru memang harus dilakukan secara mendasar dan menyeluruh. Dan dengan cara seperti itu maka kualitas guru dapat meningkat dengan baik. Dan Pamerintah juga harus berperan secara penuh dalam memikirkan nasib guru. Dan bilamana semuanya itu sudah terpenuhi maka kualitas pendididkan di indonesia bisa lebih maju.

SARAN
Disarankan, agar pemerintah agar lebih memikirkan lagi nasib-nasib para guru indonesia. Pasalnya bilamana nasib para guru semakin terpuruk. Maka ini juga akan mempengaruhi kualitas daripada guru itu sendiri dan kualitas pendidikan di indonesia.

1 komentar:

  1. Peningkatan kualitas harus dimulai dengan komoitmen yang jelas tentang arah pendidikan kita, kemudian ditata dengan nurani dan kejujuran dalam proses kinerja guru sebagai abdi masyarakat

    BalasHapus